10 Jenis Penyakit Kulit Yang Tergolong Ringan

on Jumat, 02 September 2016
Penyakit kulit merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus. Penyakit kulit dapat menyerang seseorang apabila seseorang tersebut memiliki tingkat kekebalan tubuh yang kurang baik. Penyakit kulit sendiri dikelompokkan menurut jenis penyakit dan tingkat keganasannya karena ada jenis penyakit kulit yang tidak berbahaya dan ada juga jenis penyakit kulit yang sangat berbahaya hingga dapat menimbulkan kematian. Adapun penyakit kulit dapat dibedakan menurut tingkat pengobatannya ada 2 yaitu penyakit kulit yang dapat disembuhkan dan ada penyakit kulit yang sulit untuk disembuhkan.

Oleh karena itu, dalam mengetahui jenis penyakit kulit bagi penderita adalah sesuatu hal yang sangat penting karena akan memudahkan penderita dalam rangka untuk proses pengobatan dan penyembuhan. Adapun untuk mengetahui jenis penyakit kulit, berikut kami akan menguraikan beragam jenis penyakit kulit yang kami rangkum secara lengkap.

Jenis Penyakit Kulit Yang Tergolong Ringan

 

  • Penyakit Panu


Panu merupakan Jenis penyakit kulit dengan faktor penyebab utamanya adalah jamur. Bagi penderita yang terkena penyakit panu akan menimbulkan gejala-gejala seperti gatal-gatal dan ada juga yang terasa panas. Penyakit kulit panu tergolong penyakit kulit yang ringan dan mudah di sembuhkan. Adapun ciri penyakit panu tersebut tampak seperti pada gambar diatas, yaitu kulit bercak keputih-putihan, terasa gatal apa bila berkeringat dan lebih sering menyerang pada daerah punggung.

  • Penyakit Bisul
Bisul merupakan penyakit kulit yang tergolong tidak terlalu parah, penyakit bisul adalah penyakit kulit dimana kulit menjadi membengkak hal itu di sebabkan oleh infeksi dari bakteri staphylococcus aureus yang terjadi pada kulit. Sedangkan penyakit bisul ada yang tumbuh tunggal dan ada juga yang muncul dengan jumlah lebih satu yang dikenal dengan istilah Carbunculosis. Penyakit bisul ini, jika tidak segera diobati dapat menyebar kebagian tubuh yang lain bahkan juga dapat menular ketubuh orang lain. Adapun ciri penyakit bisul tersebut tampak seperti pada gambar diatas, yaitu kulit terlihat ada benjolan kecil kemerah-merahan. Adapun faktor utama penyebab penyakit bisul adalah kurangnya kebersihan kulit.

Penyakit kulit kurap adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, adapun ciri-ciri penyakit kurap tersebut adalah pada kulit terlihat kasar, tebal bercak dan berair. Adapun gejala yang di timbulkan dari penyakit tersebut adalah gatal, perih dan pedas. Faktor utama penyebab dari penyakit tersebut adalah kurangnya kebersihan badan. Penyakit kurap mudah menular melalui sentuhan kulit.

  • Penyakit Kudis
Penyakit kulit kudis merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang disebut sebagai sarcoptes scanbievar hominis. Adapun gejala yang di timbulkannya adalah pada kulit terasa gatal dan perih. Ciri-ciri penyakit kudis tersebut tampak seperti pada gambar seperti diatas. Kudis merupakan jenis penyakit kulit yang mudah menular apabila terjadi kontak langsung atau bersentuhan. untuk menghindari penyakit tersebut sebaiknya selalu menjaga kebersihan badan.

  • Penyakit Jerawat
Penyakit kulit jerawat adalah jenis penyakit kulit yang di sebabkan oleh bakteri di pori-pori kulit yang menimbulkan benjolan pada kulit, baik kulit wajah ataupun kulit tubuh lainnya. Ciri-ciri penyakit jerawat tersebut tampak pada gambar diatas, yang terlihat seperti benjolan pada kulit. Adapun cara pencegahannya selalu menjaga kebersihan kulit.

  • Penyakit Herpes Stomatitis
Jenis penyakit kulit Herpes Stomatitis adalah jenis penyakit kulit yang biasa muncul di area mulut, seperti pada bagian bibir, lidah dan gusi. Jenis penyakit ini di bagi 2, antara lain:

  1. Penyakit Herpes Stomatitis yang disebabkan oleh virus Herpes Simplex 1, penyakit ini terjadi hanya pada anak antara usia 6bulan-5th.
  2. Penyakit Herpes Stomatitis yang disebabkan oleh virus Herpes Simplex 2, virus tersebut menyerang orang dewasa.
  • Penyakit Campak
Jenis penyakit kulit campak merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan infeksi virus pada kulit. Adapun gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah; badan lemas, hilangnya nafsu makan, demam dan peradangan pada mata serta dalam beberapa lama akan nampak ruam-ruam merah di bagian tubuh.

  • Penyakit Impetigo
Jenis penyakit Impetigo merupakan penyakit kulit yang menular, penyakit ini bisa menular pada anak-anak. Penyakit tersebut bersifat sementara, namun lebih baik diobati. Adapun pengobatan penyakit tersebut berdasarkan pada jenis baklteri yang menyerangnya karena penyakit tersebut disebabkan oleh 2 bakteri pada kulit, yaitu bakteri streptococcus aureus dan bakteri staphylococcus pyogenes kedua bakteri tersebut mempunyai perbedaan dan mempunyai kesamaan yaitu sama-sama menyebabkan penyakit tersebut.

  • Penyakit Eksim
Penyakit kulit Eksim merupakan penyakit kulit yang menyerang pada area tangan, kaki dan paha. Penyakit ini di tandai dengan gejala pada kulit berwarna kemerahan dan bergelembung yang berisi air.

0 komentar:

Posting Komentar