Penyakit Alzheimer

on Kamis, 25 Februari 2016
Penyakit Alzheimer ini merupakan jenis demensia dimana awalnya sering ditandai dengan melemahnya daya ingat kita sehingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, dan penalaran.dalam kasus penyakit kali ini gejalanya akan terlihat secara perlahan-lahan seiringan dengan waktu.

Kita ambil contoh seperti : Lupa dengan soal isi percakapan yang baru saja di bicarakan atau mungkin lupa dengan nama objek dan tempat, awalnya itu namun bisa juga berkembang menjadi disorientasi dan adanya perubahan perilaku.

Jika penyakit ini sudah semakin parah, si penderitanya akan mengalami halusinasi, dan bermasalah dalam berbicara dan berbahasa, serta tidak akan mampu melakukan aktivitas seperti biasanya tanpa di bantu oleh orang lain.

Penyebab penyakit ini belum bisa dipastikan paraahli sekalipun belum mengetahui penyebab utama penyakit alzheimer ini, namun penelitian mengatakan bahwa penyakit ini disebabkan karena adanya kelebihan protein dan menyebabkan adanya penumpukan protein beta-amyloid dalam otak dan akhirnya saraf di otak kita akan menjadi mati dan tidak berfungsi lagi.

Berapakah Usia Yang Rentan Terkena Penyakit Alzheimer ?

Biasanya penyakit alzheimer ini sering diidap oleh orang-orang yang sudah berusia diatas 65 tahun dan 16% sering di alami oleh mereka yang sudah diatas 80 tahun. Penyakit ini sering dialami oleh kaum wanita ketimbang kaum laki-laki yang mana di usia 45-60 taun dapat mengalaminya. 5% penderita alzheimer ini sering terjadi pada usia tersebut.

Diagnosis Penyakit Alzheimer Yang Meski Anda Ketahui

Bagi penderita penyakit alzheimer pada umumnya hidup sekitar 8-10 tahun setelah gejala itu muncul, namun tidak menutup kemungkinan si penderita bisa bertahan lama dari itu. Memang penyakit alzheimer ini belum ada obatnya, namun ragam pengobatan yang ada saat ini hanya bertujuan untuk memperlambat perkembangan kondisi serta meredakan gejala penyakit alzheimer itu sendiri.

Oleh sebab itu, segeralah cek kesehatan anda jika daya ingat anda mengalami perubahan atau mungkin anda khawatir mengidap demensia. Jika penyakit ini dapat terdiagnosis sejak dini, maka anada akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan persiapan serta perencanaan lebih cepat yang dapat membantu jika anda menderita penyakit ini.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Dikarenakan penyebab penyakit alzheimernya belum diketahui pasti, sangat sulit mencegah penyakit alzheimer ini secara pasti. Tetapi, ada juga beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan kesehatan dan fungsi otak kita, cara mencegah penyakit alzheimer diantaranya :

1. Sering mengkonsumsi makan makanan yang sehat,
2. Berolahraga,
3. Tidak merokok,
4. Membatasi mengkonsumsi alkohol,
5. Sering-sering memeriksakan diri ke dokter seiring pertambahan usia anda.

Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat untuk anda atau ada keluarga anda yang mungkin usianya sudah LANSIA, dengan adanya artikel ini mungkin bisa memberikan pencerahan agar dapat mencegah dan mengetahui tentang penyakit alzheimer ini.

Posted Bye : Penyakit Alzheimer

0 komentar:

Posting Komentar